Rabu, 05 November 2008

Komponen-Komponen Pada Handphone

Pada dasarnya komponen pada handphone dikelompokan menjadi 2 jenis yaitu komponen aktif dan komponen pasif. Komponen aktif adalah komponen yang membutuhkan listrik (tegangan) supaya dapat berfungsi (contohnya IC/integrated circuit). Sedangkan komponen pasif adalah komponen yang tidak membutuhkan listrik tetapi membantu komponen aktif unntuk mendapatkan listrik, sehingga dari segi fungsi seringkali komponen pasif dapat siasati keberadaannya.

Komponen pasif antara lain adalah : resistor (penghambat), kapasitor(Filter / penstabil), transistor (penguat), dioda (penyearah), llilitan (penghubung/jembatan arus), fius (penghubung (pengaman arus) dan lain-lain.

Yang termasuk komponen aktif antara lain IC dengan berbagai fungsi antara lain
1. IC Antena switch = menangkap dan mengirim sinyal
2. IC PA (Power Amplifier) = Memperkuar sinyal
3. IC Audio = Mengolah fungsi suara
4. IC Power = Mengolah fungsi tegangan
5. IC Charger = Mengelola fungsi charger
6. IC CPU = Mengolah dan mengontrol seluruh fungsi di handphone
7. IC RAM & Flash = Menyimpan data kerja
8. IC UI (User interface) = Mengatur fungsi yang berhubungan dengan pemakai
9. banyak lagi IC-IC yang mengatur berbagai fungsi tergantung dari spesifikasi handphone tersebut.

Oleh karena itu tahap awal perbaikan pada handphone adalah pengecekan pada "kelistrikan" yang ada pada circuit handphone. Belum tenntu kerusakan pada hanphone selalu disebabkan oleh kerusakan IC, bisa jadi kerusakan tersebut ditimbulkan oleh jalur yang tidak terhubung sempurna (putus jalur) ataupun disebabkan karena IC yang tidak mendapatkan suply luistrik (tegangan) sebagaimana mestinya. Sehingga penguasaan alat ukur / metode pengukuran serta pemahaman skema kerja handpone sangat berperan penting dalam proses perbaikan handphone.

Untuk mempelajari penggunaan alat ukur (power suplay dan multi tester baik digita maupun analog) dan cara membaca skema hanndphone akan kami bahas dibagian lain.

Tidak ada komentar: